«

»

Sep 16

menu empat sehat lima sempurna

djangkrik.web.id – Empat sehat lima sempurna adalah menu makanan yang harus dipenuhi untuk mencukupi asupan gizi dalam tubuh kita, dalam konsep empat sehat lima sempurna adalah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan lemak tak jenuh.

Dalam konsep empat sehat lima sempurna  :

Yang pertama adalah makanan pokok, disini makanan pokoknya adalah nasi putih.

nasi putih

Kandungan Nutrisi Nasi Putih banyak mengandung kandungan karbohidrat & air, sehingga manfaat nasi putih menjadi sumber tenaga utama yg cepat karena mudah diserap tubuh, nasi putih tidak memiliki serat sebanyak coklat & nasi merah.

Yang ke dua adalah Lauk pauk

lauk-pauk

Dalam tanda kutip kebanyakan orang mengartikan lauk pauk adalah hanya sebagai hidangan pelengkap dalam menyantap makan. Tapi dibalik itu semua, lauk pauk menyimpan manfaat untuk mencukupi kebutuhan gizi tubuh. Fungsinya adalah membangun atau membuat jaringan tubuh yang telah rusak serta menyeimbangkan asam basa dalam tubuh kita. Selain itu lauk pauk yang banyak mengandung protein juga berfungsi untuk melarutkan berbagai vitamin, serta untuk pelindung tubuh dari kondisi suhu rendah yaitu makanan yang mengandung lemak.

Contoh lauk pauk adalah daging, ikan, telor, tahu, tempe, kepiting, kacang-kacangan, jagung manis, kelapa dan metega.

 

Yang ketiga adalah sayur sayuran

sayur-sayuran

Manfaat sayur sayuran secara garis besar adalah sumber serat, vitamin, dan mineral yang cukup baik bagi tubuh dan kesehatan manusia. Ada banyak jenis sayuran yang ada di Indonesia yang berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan dan metabolisme tubuh.

 

Yang ke empat yaitu buah buahan

buah-buahan

Hampir sama halnya dengan sayur sayuran, buah buahan juga berfungsi untuk pembentukan tulang dan gigi, komponen enzim-enzim, dan aktivitas persarafan serta menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Contoh buah adalah Pisang, Pepaya, Nanas, Salak, Mangga, Kelengkeng, Melon, Semangka, Jeruk, Jambu Air, Anggur, Sirsak, Apel, Rambutan, Alpukat, Jambu biji, Stroberi, Bluberry dan sebagainya.

Demikian rincian empat sehat lima sempurna, tubuh kita sangat membutuhkan asupan gizi yang seimbang agar tubuh bisa bekerja sesuai porsinya.

2 comments

  1. warim

    yang ketiga saya ngga doyan mas, padahal penting banget yah..

    1. handrik

      itu yang terpenting gan,, hehe dipaksain dikit kalau gak doyan,,:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>