«

»

Sep 09

Manfaat jintan hitam untuk kesehatan tubuh

djangkrik.web.idJintan hitam atau dalam bahasa tumbuhan disebut sebagai Nigella Sativa. Jintan hitam atau Nigella Sativa yang merupakan satu kelompok atau spesies dari Genus Nigella yang mempunyai kurang lebih 14 spesies tanaman yang termasuk dalam keluarga Rannuculaceae. Selain Nigella sativa atau jintan hitam ini ada nama spesies tanaman yang masih satu keturunan dengan Nigella sativa, seperti Nigella arvensis, Nigella ciliaris, Nigella damascena, Nigella hispanica, Nigella integrifolia, Nigella nigellastrum, Nigella orientalis, dan Nigella sativa. Konon menurut informasi bahwa tanaman ini berasal dari Eropa Selatan, Afrika Utara, dan Asia Selatan.

Jintan hitam mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh atau sebagai kekebalan tubuh, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Sumber nutrisi penting
    Jintan hitam mengandung beta-karoten (pro – vitamin A), kalsium, zat besi, sodium dan kalium. Jintan hitam juga memiliki delapan dari sembilan asam amino esensial. Asam amino esensial tidak diproduksi oleh tubuh kita, sehingga harus didapat dari sumber luar. Untuk keperluan suplemen gizi, Anda bisa minum setengah sendok teh ekstrak atau minyak Habbatussauda (jinten hitam) sebanyak tiga kali sehari.
  2. Menyembuhkan asma dan alergi
    Histamin adalah sebuah senyawa yang dilepaskan oleh sistem kekebalan tubuh akibat reaksi alergi. Senyawa Crystalline nigellone yang terdapat dalam jintan hitam memiliki protein kinase C, yaitu substansi yang dikenal dapat menghambat pelepasan histamin. Pemberian jintan hitam dapat mengurangi reaksi alergi pada sebagian besar pasien dengan bronchitis, asma dan penyakit alergi lainnya dengan tanpa efek samping . Untuk pengobatan asma dan alergi, ambil secangkir air hangat , tambahkan satu sendok madu, dan setengah sendok teh minyak atau ekstrak habatussauda. Campur dan minum di pagi hari, bisa sebelum sarapan atau setelah makan malam. Selama proses pengobatan ini, hindari makanan yang dingin dan membawa alergen .
  3. Gangguan perut
    Jinten hitam memiliki sifat menyembuhkan kondisi kesehatan yang berkaitan dengan perut. Gangguan perut seperti sembelit, dan perut kembung bisa diatasi dengan jinten hitam. Selain itu, jinten hitam juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, dan dapat membasmi cacing usus.
  4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    Jintan hitam berkhasiat dapat meningkatkan kekebalan tubuh, terutama untuk orang yang menderita gangguan imunitas tubuh. Menurut penelitian, 1 gram kapsul jinten hitam yang dikonsumsi dua kali sehari selama empat minggu dapat meningkatkan rasio sel T, antara positif dan negatif hingga 72 %. Meningkatkan kekebalan tubuh ini penting untuk menyembuhkanan pilek, influenza, AIDS, dan penyakit lainnya yang terkait dengan imunitas.
  5. Mengobati kanker
    Asam lemak yang terkandung dalam jintan hitam dapat menghambat perkembangan kanker. Jintan hitam berkemampuan menstimulasi produktivitas dan imunitas sel tulang sumsum, serta produksi interferon, melindungi sel-sel normal, dan melawan sel tumor tanpa merusak sel-sel yang sehat . Untuk pengobatan kanker, campurkan satu gelas jus anggur dan setengah sendok teh Minyak Habbatussauda. Minum sebanyak tiga kali sehari. Pengobatan mungkin bisa berlangsung selama empat puluh hari. Selain itu, Anda juga dapat menggosok minyak jintan hitam pada tubuh yang terkena kanker selama dua minggu.
  6. Meningkatkan jumlah ASI
    Jintan hitam bisa meningkatkan jumlah susu untuk ibu yang menyusui, karena kombinasi dari unsur-unsur tertentu dan struktur hormon lipid yang terkandung di dalamnya. Selain itu, jintan hitam juga mengandung arginine, yang penting untuk pertumbuhan bayi. Namun sayangnya, masih belum banyak yang diketahui tentang keamanan menggunakan biji hitam saat menyusui.
  7. Gangguan pencernaan
    Jintan hitam juga efektif melawan bakteri yang dikenal sangat tahan terhadap obat-obatan, seperti bakteri penyebab kolera, E. coli, dan Shigella spp. Dengan demikian, jintan hitam juga dapat digunakan untuk mengobati gangguan sistem pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri seperti sakit perut, dispepsia, diare, dan muntaber . Untuk mengobati gangguan pencernaan, ambil setengah sendok teh minyak atau ekstrak jintan hitam yang dicampur dengan secangkir susu. Minumlah campuran tersebut dua kali dalam sehari. Atau bisa juga dicampur dengan satu sendok teh bubuk jahe, dan setengah sendok teh minyak atau ekstrak Habbatussauda.

Begitu banyak manfaat jintan hitam bagi kesehatan tubuh kita, maka jagalah tubuh kita dengan mengkonsumsi jintan hitam supaya tubuh kita tetap terjaga dan tetap vit.

Terimakasih dan semoga bermanfaat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>