«

»

Sep 01

Cara mengatasi bibir kering dan pecah pecah

djangkrik.web.id – Cara mengatasi bibir kering dan pecah pecah. Bibir kering dan pecah pecah adalah masalah umum yang dialami banyak orang, dimana bibir tidak terlihat menarik. Gejala yang timbul biasanya adalah bibir terasa perih, bibir pecah pecah, mengelupas hingga berdarah.

 

Berikut cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah

 

 

  • Krim SusuKandungan lemak yang tinggi dalam krim susu membuatnya menjadi pelembab bibir yang alami. Dengan krim susu segar, oleskan pada bibir, lalu biarkan setidaknya selama 10 menit. setelah itu bilas dengan air hangat. Lakukan ini setiap hari sampai bibir benar-benar lembab.

  • Madu
    Tak diragukan lagi madu merupakan pelembab yang memiliki agen anti-bakteri untuk mengobati bibir pecah-pecah. Gunakan madu asli untuk dioleskan ke bibir setiap hari. Atau campurkan madu dengan gliserin atau air mawar dan digunakan setiap malam sebelum tidur, lalu dibersihkan keesokan paginya.


  • Lidah Buaya
    Lidah buaya sudah sejak dulu banyak dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan rambut maupun kecantikan kulit, dan ini berlaku juga untuk bibir. Ambil jeli lidah buaya, lalu oleskan ke bibir. Selain menyembuhkan bibir pecah-pecah, lidah buaya juga menyejukkan dan membantu mengurangi rasa sakit jika ada luka di bibir.


  • Minyak Kelapa
    Minyak kelapa dapat membantu melembabkan bibir secara alami, dan mengatasi bibir pecah-pecah yang disebabkan oleh cuaca yang tidak bersahabat. Memulihkannya menjadi lembut dan lembab kembali. Cara memakainya pun mudah. Oleskan minyak kelapa murni ke bibir setiap hari. Anda bisa melakukan cara yang sama menggunakan minyak jojoba dan minyak zaitun.


  • Air
    Salah satu penyebab kulit dan bibir kering adalah dehidrasi. Dengan meminum banyak air akan mengembalikan kelembaban yang hilang dan menjaga tubuh agar terhidrasi dengan baik. Minum setidaknya 8 gelas sehari, terutama sebelum makan dan sebelum tidur. Selain itu air akan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh, membuat kuit lebih kencang dan bercahaya.


  • Minyak Jarak (Castor Oil)
    Minyak ini merupakan salah satu perawatan terbaik untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Cukup oleskan saja minyak jarak atau minyak kastor ke bibir 1-2 kali sehari. Atau untuk hasil lebih maksimal bisa dicampur dengan satu sendok teh gliserin dan beberapa tetes air lemon, lalu oleskan ke bibir setiap sebelum tidur. Bersihkan menggunakan kapas yang sudah dibasahi dengan air hangat pada keesokan harinya. Lakukan setiap hari hingga bibir kembali lembab.


  • GulaMengelupas kulit mati dari bibir yang pecah-pecah akan membantu mengembalikan kelembutan bibir secara alami. Namun cara mengelupasnya tidak sembarangan, yakni menggunakan gula atau biasa disebut sugar scrub. Cara membuatnya adalah dengan menyampurkan setengah sendok gula dengan 2 tetes minyak zaitun, lalu oleskan merata ke bibir dan gosok perlahan. Setelah 3-5 menit, bilas dengan air hingga bersih. Anda bisa ganti minyak zaitun dengan madu.

     

  • Timun
    Salah satu cara alami yang mudah dan praktis mengatasi bibir kering adalah menggunakan timun. Sayuran yang mudah ditemukan di pasar ini mampu mengembalikan kelembaban bibir dan membuatnya terlihat lebih segar. Sebelum digunakan, kupas kulit timun terlebih dulu. Setelah itu, potong, dan usapkan potongan timun yang berair ke bibir hingga merata. Biarkan selama 15-20 menit, lalu bersihkan. Lakukan langkah ini beberapa kali dalam sehari agar hasilnya lebih cepat terlihat.


  • Petroleum JellyPetroleum jelly bisa ditemukan di salah satu produk kecantikan ternama yang diimpor ke Indonesia. Jeli ini sangat bagus untuk merawat bibir yang kering. Oleskan petroleum jelly ke bibir, terutama tiap malam sebelum tidur, lalu bersihkan esoknya. Atau bisa juga Anda oleskan dulu madu tipis-tipis ke bibir, biarkan selama beberapa menit. Lalu oleskan petroleum jelly tipis-tipis. Biarkan selama beberapa menit, lalu bersihkan dengan kapas basah. Lakukan setidaknya 2 kali sehari.

     

  • Kantong Teh Hijau
    Ini merupakan cara kuno untuk perawatan kulit, yakni menggunakan kantong teh hijau. Gunakan kantong teh hijau yang sudah digunakan untuk ditekan sedikit ke bibir selama kurang lebih 4 menit. lakukan setiap hari untuk melembabkan bibir


 

Demikian bagaimana cara mengatasi bibir kering dan bibir pecah pecah, selamat mencoba dengan cara herbal diatas dan semoga berhasil.

Sekian terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>