pengobatan masuk angin

Home / info kesehatan / pengobatan masuk angin

djangkrik.web.id – Musim hujan telah datang berbagai penyakit telah mengintai yang sering terjadi ketika musim penghujan adalah masuk angin. Udara yang dingin membuat penyakit ini semakin mudah masuk dalam tubuh kita, apalagi ditambah jam kerja lembur atau pun kehujanan.Yang sering kita lakukan untuk penyembuhan penyakit ini adalah dengan melalukan kerokan.

Masuk angin sebenarnya sudahlah dikenal luas di masayarakat, tapi istilah masuk angin tidak dikenal di dunia medis. Ciri ciri masuk angin sendiri adalah perubahan pada tubuh seperti badan terasa tidak enak, kedinginan, meriang, sakit kepala, otot terasa nyeri, kehilangan nafsu makan, dan merasa lelah. Selain itu, ciri-ciri masuk angin lainnya juga bisa ditunjukkan dengan badan terasa demam, perut kembung, sering bersendawa, sakit perut, sering buang angin dan berbau, diare, serta pegal-pegal.

Jika anda telah terkena masuk angin rasanya hanya ingin berbaring dan tidur setidaknya sampai angin itu hilang, tapi alangkah baiknya jika penyakit ini segera diobati, berikut cara cara pengobatannya :

  • Gunakan penutup kepala agar terlindung dari angin, udara dingin, dan air hujan.
  • Kenakan pakaian yang sesuai dengan kondisi musim. Jangan lupa untuk membawa pakaian ekstra, jaket, atau selimut di tas.
  • Kenakan sarung tangan dan kaus kaki guna menjaga kehangatan dan kelembapan kulit.
  • Jangan berkeringat terlalu banyak karena keringat membuat panas tubuh hilang lebih cepat, akibatnya Anda akan merasa kedinginan.
  • Banyak makan untuk membantu menjaga panas tubuh, terutama makanan berkalori tinggi.
  • Minum banyak air hingga urine berwarna bening (bukan kuning atau oranye). Jika Anda tidak buang air kecil setiap 2-3 jam sekali, itu tandanya Anda tidak cukup minum.
  • Jangan minum minuman beralkohol karena dapat mengganggu kemampuan badan mengatur suhu tubuh dan meningkatkan hilangnya panas tubuh.
  • Hindari kafein dan rokok, karena nikotin dan kafein menyebabkan pembuluh darah di tangan dan kaki menyempit. Aliran darah pun menjadi kurang lancar hingga membuat tangan dan kaki kedinginan.

Bagi masyarakat luas pada umumnya kerokan, minum teh hangat sudahlah cukup untuk mengobati masuk angin, tapi alangkah baiknya jika langsung diobati secara medis. Jika tidak segera diobati masalah yang sepele akan menjadi masalah yang serius, jadi jangan remehkan masuk angin.

Sekian semoga bermanfaat, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *